Minggu, 28 Februari 2016

Kesalahan FATAL perawatan wajah berjerawat

Hello ladies... kali ini aku mau sharing dan bahas tentang keluhan mayoritas kaun hawa mengenai kulit wajah. Jreng jreng jreng...! Lima huruf saja. J.e.r.a.w.at!

Yoi, jerewi alias jerawat/acne ini sangat mengganggu penampilan, soalnya yang paling duluan dilirik kan wajah. Jangankan banyak, satu aja udah bikin hati ketar ketir ga karuan, apalagi kalo mau nampil depan gebetan hihi. Lalu, pada akhirnya kita mau peraeatan untuk membasmi dan mencegah si kecil menyebalkan ini (jerawat) dengan perbagai cara, mulai dari cara yang mudah, murah meriah alias alami, hingga yang sulit dan muahal kayak laser. Namun, perawatan-perawatan yang salah tentu saja malah akan memperburuk keadaan. Nah, apa aja?

1. Cuci Muka
Malas cuci muka bahkan terlalu sering cuci muka akan menyebabkan masalah dikulit wajah seperti timbulnya jerawat/timbulnya 'lebih' banyak jerawat. Cuci muka itu bagusnya 3 kali sehari. Pagi, sore, dan malam pake air yang hangat. Gunakan produk yang lembut dan tidak mengandung banyak bahan kimia. Jangan tergiur produk yang katanya 'mampu mengatasi minyak berlebih' yang iklannya banyak di tipi2, baik produk cowo ataupun cewe, produk tsb hanya akan menempis dan seolah menahan minyak padahal nanti malah menyebabkan produksi minyak membludak! dan produk tsb membuat kulit kering. Bagusnya jika sudah cuci muka, wajah tidak berasa ketarik atau kering, tapi lembab/kenyal.

2. Sering gonta-ganti produk/kosmetik
Buat kamu yang acne prone atau gampang jerawatan, cobalah setia pada produk skincare kamu. Beranjak dari satu produk ke produk lain dalam waktu yang relatif singkat hanya akan membuat kulit wajah kamu ngambek dan breakout! So, setialah. Pilihlah produk yang kamu benar-benar yakin lalu setialah.

3. Tidak sabar
Nah, ini ada hubungannya juga sama gonta ganti produk. Soalnya kamu ngerasa 'kok ini ga mempan ya, jerawatku masih nongol nih'. Padahal kamunya aja yang kurang sabar dan telaten. Untuk membasmi jerawat ga butuh waktu singkat. Jadi keep calm and be patient.

4. Salah memakai produk
Okay, kalo kamu maunya jerawat kamu hilang. Terus lanjut dan fokus untuk produk membasmi jerawat. Jangan berfikir sekali-kali untuk dapat produk whitening lah, anti aging lah, inilah itulah blablabla (hiks...aku juga gitu dulu). Fokus dulu sama acara membasmi jerawat ladies. Setelah kamu terbebas dari jerawat, baru kamu bisa memakai produk lain untuk wajah yang kusam dll. Karena produk whitening, anti aging dll itu hanya akan membuat jerawatmu datang dan pergi ga abis-abis.

5. Memakai produk dan kosmetik yang berat
Jerawat itu sangat sensitif terhadap produk perawatan wajah dan kosmetik yang berat. Pilihlah produk yang cenderung soft dan anti acne atau non-komedogenik. Produk nonkomedogenik tidak mengandung bahan-bahan yang cenderung menyumbat pori-pori pada orang yang memiliki kulit berjerawat.
Bahan-bahan tertentu yang ditemukan dalam produk seperti kosmetik, tabir surya, dan pelembab lainnya lebih mungkin untuk menyumbat pori-pori. Bahan-bahan tersebut di antaranya yaitu: isopropil palmitat, miristat isopropil, butil stearat, isopropil isostearate, desil oleat, neopentanoate isostearil, stearat isocetyl, miristil miristat, dan lanolin asetat. Produk yang mengandung minyak juga dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Jadi always check it out!

6. Memencet jerawat
Hellowww... kalau kamu gayakin kamu bukan terapis facial di klinik kecantikan, don't do it guys, don't!
Kalaupun tangen kamu gatel, pastikan kamu udah kasih muka kamu  cuci bersih tangan kamu dan pastikan ga ada satupun kuman di sana dan do it softly. Hahaha! Gimana nih malah nyuruh... (soalnya saya juga gatel tangannya biasa mencetin komedo). Saya trauma kalo yang mencetin itu mbak2 terapis/dokter. Seperti dikutip dari Stumblerz melalui detik.com, memencet jerawat boleh asalkan, sebagai berikut: Pastikan jerawat yang dipencet adalah jerawat matang, yang muncul butiran putihnya. Pastikan juga jerawat tersebut tidak bernanah, yang artinya tidak sedang mengalami infeksi atau radang cukup parah. Bersihkan kuku dan jari tangan dengan alkohol. Ulangi setiap akan berpindah dari jerawat yang satu ke jerawat yang lain. Jika ada, gunakan sarung tangan lateks yang steril untuk mengurangi kontak langsung antara jari tangan dengan kulit wajah.

7. Menghentikan produk anti jerawat setelah sembuh
Guys, tolong banget ya jangan sombong sama Mr./Mrs. Jerawat. Soalnya beliau dapat datang lagi kalo kamu khilaf tidak merawat wajah kamu lagi. Minimal kamu punya produk yang non-komedogenik aja. Jangan berpaling kelain hati.

8. Makan makanan berminyak dan tidak mengatur pola makan
Hah? Gaboleh makan gorengan dong? Kan enak bangey apalagi Gehu pedas! Oy oy... gehu pedas udah mah minyakan trus pedas lagi. Double problem for your skin!
Makanan berminyak, pedas aih boleh aja asal jangan sering. Imbangi dengan serat seperti buah dan sayur serta banyak minum air. Ngemil juga pantangin dulu sampe keadaan wajah kamu sudah mulus dari jerawat dan tetap atur makanan kamu. Itu wajib hukumnyaaaahahahahahahah!

9. Gamau jemur-jemuran
Pilih mana iteman dikit atau jerawatan? Hayooo... item dikit tapi mulus kan lebih enak dipandang kasat mata guys. Hahaha. Ga juga guys. Soalnya jemur-jemur wajah itu sebaiknya pas matahari pagi selama 10-15 menit aja, karena matahari pagi tidak mengandung ultraviolet yang menyebabkan flek, jadi aman. Dan jangan pake produk apa-apa dulu pada wajah kamu. Makanya, banyak orang yg bilang jerawatnya berkurang setelah berjemur.
Okay girl. Itu dulu hal2 tentang kesalahan merawat wajah berjerawat yang mau aku share. Semoga kita semua terhindar dari ancaman dan hinggapan jerawat di wajah kita. Amin...Huhuhu. Cekidot juga bahasan aku tentang produk-produk yang ampuh (berdasarkan review) menangani jerawat. See ya!




Sumber: skin.co.id; webkesehatan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar